Selasa, 12 Oktober 2010

LTM PERTEMUAN KETIGA / Zainal Muttaqin / 18102414 / 12.1D.30

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN PASCAL
LTM PERTEMUAN KETIGA
1.       Sebutkan tipe data ap saja yang bisa digunakan dalam pemograman pascal ?
Jawab :   a. Tipe Data Sederhana
                  b. Tipe Data Terstruktur
                  c. Tipe Data Pointer Operator

2.       Sebutkan perintah 5 perintah Operasi string dan berikan contohnya !!
Jawab :   Fungsi pada Operasi STRING :
1.       Strcpy()
untuk menyalin nilai string.
2.       Strcat()
untuk menggabungkan nilai string.
3.       Strcmp()
untuk membandingkan 2 nilai string.
4.       Strlen()
untuk mengetahui panjang nilai string.
5.       Strchr ()
untuk mencari nilai karakter dalam string.

3.       Jelaskan pengertian :
a.       Array  adalah      Tipe data yang berisi beberapa data yang ditampung dalam satu variabel yang  memiliki tipe data yang sama
b.      Record adalah Tipe data rekaman digunakan untuk menampung data yang terdiri dari  beberapa tipe yang berbeda
c.         Set   adalah    Tipe data himpunan merupakan sebuah tipe data yang didalamnya memuat sejumlah elemen (anggota) dimana anggotanya memiliki tipe data dasar yang sama

4.       Sebutkan penggunaan tipe data bolean dalam pemograman !!
Jawab : Mempunyai dua buah nilai, yaitu true dan false, jadi kita tidak dapat menggunakan angka “1” sebagai penunjuk true dan angka “0” sebagai penunjuk false seperti yang digunakan dalam bahasa C. Dan  juga type data boolean tidak mengenal ukuran (size) seperti type data int, float dll. Type data boolean sangat berguna untuk membuat suatu keputusan dalam pemrograman Java.

5.       Jelaskan perbedaan tipe data Character dan String !!
Jawab :  Character adalah Nilai data karakter berupa sebuah karakter yang ditulis diantara tanda petik tunggal, seperti : ‘ A ’. penggunaan variable untuk menyimpan tipe data karakter ini harus dideklarasikan dengan tipe Char.
                  String   adalah  Urut-urutan dari karakter yang terletak diantara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter string ditambah dengan 1byte. Bila panjang dari suatu string didalam deklarasi variable tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.

LTM PERTEMUAN KEDUA / Zainal Muttaqin / 18102414 / 12.1D.30


LOGIKA ALGORITMA PERTEMUAN KEDUA

1. Jelaskan pengertian :
        a. Variable Pe-ubah
        b. Variable Konstannta
        c. Variable Tierkini
   Jawab :     A. Variabel Pe-ubah adalah, Variabel yang bukan konstanta selalu berubah sesuai kondis variabel terkini
                        B. Variabel Konstanta adalah Variabel yang nilai nya tetap.
                        C. Variabel Terkini adalah Variabel yang nilai nya ada pada saat ini

 2. A=100, B=200, C=300 berikan perintah agar nilai a,b,c saling bertukar :
      Jawab :   Dik  :       A=100
                                     B=200
                                     C=300
                       Dit  : Agar nilai a,b,c saling bertukar
                       Jawab :    A = B-A   B(A=200)
                                       B = C-B   C(B=300)
                                       C = A-C    A(C=100)
                                       A = 200,B=300,C=100

  3. Diketahui Algoritma :
       X=5
       Y= 20
       Z= 40
       A= x + y + z
       X= z-y
       Z= x + y
       Y= X -Z

   Jawab : Dik :     X = 5
                          Y = 20
                          Z = 40
                  Dit = nilai terkini dari A,X,Y,Z

Jawab :  A= 50 + 20 +40
              A= 65
              X = 40 -20
              X = 20
              Z = 5 + 20
              Z = 25
              Y = 5-40
              Y = -35
  Jadi,nilai terkini dari A=65,X=20,Y=25,Z=35

4. Sebutkan perintah berikut dalam pemograman pascal :
a.memasukkan data / input data
b.mencetak dalam satu baris.
c.mencetak pada nlain baris.
d.mengawali dan mengakhiri program.

Jawab :   A : -READ         = Memasukkan data dalam baris yang sama.
                     -READLN   = Memasukkan data dalam perbaris.
               B : -READLN    = Mencerak / memasukkan data perbaris.
               C : -ENDL         = Mencetak pada lain baris.               
               D : -BEGIN        = Mengawali
                     -END           = Mengakhiri.

Senin, 11 Oktober 2010

C++ (SRI MURNI)

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
#include <stdio.h>
main()
{
char judul[25],sutradara[30],produksi[20];
int kode,tahun,harga,peminjaman,total;
cout <<"\t Rental DVD"<<endl;
cout <<"--------------------------"<<endl;
cout <<"kode film :";
cin >>kode;
cout <<"judul film:";
cin >>judul;
cout <<"sutradara : ";
cin >>sutradara;
cout <<"produksi :";
cin >>produksi;
cout <<"tahun :";
cin >>tahun;
cout <<"harga DVD :";
cin >>harga;
cout<<"peminjaman:";
cin >>peminjaman;
cout <<"--------------------------"<<endl;
cout <<"kode film\t:"<<kode<<endl;
cout <<"judul film\t:"<<judul<<endl;
cout <<"sutradara\t:"<<sutradara<<endl;
cout <<"produksi\t:"<<produksi<<endl;
cout <<"tahun produksi\t:"<<tahun<<endl;
cout <<"harga DVD\t:"<<harga<<endl;
cout <<"peminjaman\t:"<<peminjaman<<endl;
cout <<"--------------------------"<<endl;
total = harga * peminjaman;
getch();
}

Senin, 04 Oktober 2010

Pseudocode

1. Pseudocude Algoritma tata cara Wudhu

 Buka keran air
 Cuci kedua tangan dengan air
 Ambil air manggunakan tangan secukupnya untuk kumur – kumur sebanyak 3 kali
 Ambil air manggunakan tangan dan bersihkan kedua lubang hidung sebanyak 3 kali
 Ambi air dengan menggunakan kedua tangan dan usapkan rata keseluruh muka sebanyak 3 x ( Sambil berdo’a wudhu )
 Basahkan tangan, merata dengan air, mulai dari tangan kanan, dari ujung jari tangan sampai siku sebanyak 3 kali
 Basahkan tangan kiri merata dengan air, dari ujung jari tangan sampai siku sebanyak 3 kali
 Ambil air secukupnya menggunakan tangan lalu basahkan sebagian kepala ( ubun – ubun )
 Ambil air menggunakan tangan dan basuh telinga, mulai dari telinga yang kanan sebanyak 3 kali
 Ambil air menggunakan tangan dan basuh telinga kiri sebanyak 3 kali
 Basuh kaki dengan air, mulai dari kaki kanan, dari ujung jari kaki sampai mata kaki sebanyak 3 kali
 Basuh kaki kiri dengan air, dari ujung jari kaki sampai mata kaki sebanyak 3 kali
 Tutup keran air
 Berdo’a sesudah wudhu

LTM PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA

1. Jelaskan Peranan Algoritma dalam pembuatan program!
Sering dimanfaatkan sebagai analisis langkah-langkah dalam pemograman.

2. Jelaskan pengertian peseodocude dan berikan contohnya?
Pseudocude adalah suatu cara penulisan algoritma agar ide dari algiritma dapat disampaikan atau diekspresikan
Contoh Pseudocode :
Tata Cara Wudhu
 Buka keran air
 Cuci kedua tangan dengan air
 Ambil air manggunakan tangan secukupnya untuk kumur – kumur sebanyak 3 kali
 Ambil air manggunakan tangan dan bersihkan kedua lubang hidung sebanyak 3 kali
 Ambi air dengan menggunakan kedua tangan dan usapkan rata keseluruh muka sebanyak 3 x ( Sambil berdo’a wudhu )
 Basahkan tangan, merata dengan air, mulai dari tangan kanan, dari ujung jari tangan sampai siku sebanyak 3 kali
 Basahkan tangan kiri merata dengan air, dari ujung jari tangan sampai siku sebanyak 3 kali
 Ambil air secukupnya menggunakan tangan lalu basahkan sebagian kepala ( ubun – ubun )
 Ambil air menggunakan tangan dan basuh telinga, mulai dari telinga yang kanan sebanyak 3 kali
 Ambil air menggunakan tangan dan basuh telinga kiri sebanyak 3 kali
 Basuh kaki dengan air, mulai dari kaki kanan, dari ujung jari kaki sampai mata kaki sebanyak 3 kali
 Basuh kaki kiri dengan air, dari ujung jari kaki sampai mata kaki sebanyak 3 kali
 Tutup keran air
 Berdo’a sesudah wudhu

3. Sebutkan langkah menguji Algoritma, jelaskan!
Ada 2 langkah menguji Algoritma yaitu :
 Face Debugging adalah proses program eksekusi yang akan melakukan koreksi terhadap kesalahan. Yang dimaksud disni adalah error atau salah dalam penulisan program baik logika maupun sintaksnya.
 Face Profilling adalah Face yang akan bekerja jika program tersebut sudah benar ( telah melewati Face Debugging ). Fase ini bekerja untuk melihat dan mengukur waktu tempuh atau running time yang diperlukan serta jumlah memori/storage yang digunakan dalam menyelesaikan suatu algoritma.
4. Buat Algoritma seorang Mahasiswa akan melakukan pembayaran uang kuliah via ATM ??
• Msukkan Kartu ATM
• Masukkan nomor pin kartu ATM
• Pilih bahasa indonesia
• Masuk ke menu ATM
• Pilih menu pembayaran
• Pilih menu pendidikan
• Pilih universitas yang dituju
• Input nomor induk mahasiswa
• Input jumlah uang
• Pilih OK

5. Sebutkan cara menyatakan Algoritma !
 Dengan bahasa semu ( Pseudocode )
 Dengan diagram alur atau Flowchart
 Dengan Statmen program / penggalan program